Ghaza Art Professional Calligraphy
0812.2817.3860
artghaza@gmail.com

Kaligrafi Masjid Dan Musholla – Arsitektur Islam Terbaik

Jasa kaligrafi terbaik. Phone / Wa : 0812.2817.3860.

interior masjid

Sekilas tentang kaligrafi masjid

Kaligrafi masjid merupakan karya seni visual yang di hasilkan dari aktivitas menulis kaligrafi arab pada sebuah objek yang ada di dalam masjid, dengan tujuan sebagai media dakwah dan juga sarana untuk mewujudkan keindahan dan kenyamanan di dalamnya.

Aktivitas ini tentu melibatkan orang-orang yang mempunyai gelar kaligrafer yang pastinya ahli menulis kaligrafi agar mendapatkan hasil karya yang bagus dan mempunyai nilai keindahan hakiki. Seperti salah satu contoh tulisan kaligrafi terbaik dan terindah yang ada pada arsitektur masjid nabawi kota madinah yang di tulis oleh tokoh kaligrafer kenamaan asal turki yaitu mr. Abdullah Zuhdi.

kubah asmaul husna

Terkait hal ini sebagian besar dari kalangan para pakar kaligrafi indonesia menyebutnya dengan dekorasi masjid. Sebutan ini sangat tepat karena penerapannya mengandung beberapa desain dan corak warna yang tidak terbatas, serta di dominasi dengan beberapa ornamen yang mengandung unsur hiasan dekoratif. Beda halnya penulisan kaligrafi pada kitab yang hanya menggunakan warna hitam dan putih saja.

Dengan adanya karya kaligrafi di setiap sudut dan ruang masjid yang ada di indonesia bahkan di seluruh penjuru dunia menunjukkan bahwa kaligrafi sangat di kagumi dalam kehidupan umat islam. Seiring dengan berjalannya waktu kaligrafi masjid semakin menyebar luas di berbagai wilayah. Mulai dari pelosok desa hingga di tengah-tengah kota, hingga jumlah jasa yang mengerjakan kaligrafi untuk mempercantik masjid semakin meningkat.

gambar ornamen kubah

Hampir setiap masjid yang dibangun dengan konsep bangunan trend masakini biasanya untuk pekerjaan kaligrafi juga di masukkan dalam agenda pembangunan yang di rencanakan oleh segenap panitia masjid. Bahkan kami sering di hubungi oleh sebagian takmir yang menanyakan tentang harga kaligrafi masjid sedangkan kondisi bangunannya sendiri masih dalam proses pengerjaan dan masih jauh untuk ke tahap finishing.

Beberapa unsur penting di dalam penerapan kaligrafi ruang masjid :

Anda ingin menjadi dekorator masjid…??? Dalam menangani pekerjaan ini tentu di dasari dengan beberapa ilmu dan pengalaman yang mencukupi. Perlu diketahui bahwa untuk membuat karya dekorasi yang berhubungan dengan seni kaligrafi buat masjid tentu melibatkan beberapa unsur di bawah ini :

  • Desain

Desain adalah pembuatan sketsa awal yang merupakan dasar utama dalam menciptakan suatu karya. Dalam merancang rencana pembuatan kaligrafi dekorasi bisa terdiri dari beberapa ide, perpaduan, hingga pengembangan karya yang sudah pernah ada. Maka menggambar desain merupakan hal penting yang harus di lakukan sebelum membuat kaligrafi pada media yang ada di dalam masjid. 

  • Tulisan

Tulisan merupakan bagian terpenting dalam membuat dekorasi masjid. Tulisan yang dimaksud adalah khat atau kaligrafi arab yang mengandung unsur kaidah paten yang di tulis tangan langsung pada medianya, sehingga dari segi tulisan yang bagus dan berkaidah inilah yang menjadi unsur terberat di antara empat unsur lainnya. Maka untuk para pendekor masjid harus berusaha selalu meningkatkan kualitas tulisan kaligrafinya. 

  • Ornamen

Ornamen termasuk bagian penting yang menjadi hiasan kaligrafi masjid yang berfungsi sebagai pelengkap dalam menyempurnakan unsur dekorasi. Jenis ornamen yang menjadi motif kombinasi kaligrafi untuk ruangan masjid adalah ornamen yang bersifat islami, seperti contoh ornamen terbaik khas gaya timur tengah yang selalu menjadi rujukan para kaligrafer indonesia di dalam memperindah tempat ibadah.

  • Warna

Warna merupakan unsur terakhir yang tidak kalah pentingnya dalam melengkapi kesempurnaan penciptaannya karya seni kaligrafi masjid , maka hal penting yang perlu dilakukan adalah mewarnai ornamen dan kaligrafi dengan warna sesuai nuansa yang ada di dalam masjid. Hal ini akan menjadi sulit jika tidak menguasai tata cara memadukan warna dengan baik.

Empat unsur di atas adalah modal utama yang harus di kuasai, karena keempat unsur tersebut merupakan  bagian dari ilmu tata cara untuk membuat kaligrafi di masjid agar karya yang di ciptakan terlihat lebih sempurna.

Dekorasi kaligrafi masjid terbagi menjadi dua bagian  

Pada dasarnya desain arsitektur masjid mempunyai dua bagian yang tidak bisa dipisahkan yaitu interior dan exterior. Maka oleh para arsitek masjid di desain sedemikian rupa sehingga secara keseluruhan bangunan masjid terlihat megah. Salah satu bagian dari seni arsitektur masjid terindah yang kental dengan nuansa islamnya adalah kaligrafi arab yang disebut juga dengan kaligrafi islam.

  •  Interior Kaligrafi

Termasuk bagian dari unsur penataan ruangan di dalam masjid dengan beberapa hiasan untuk menciptakan nuansa yang memiliki nilai seni dan budaya. Tentu dalam hal ini adalah dengan menambahkan tulisan kaligrafi dan hiasannya pada beberapa elemen penting yang ada di dalam ruangan, seperti dinding, plafon kubah dan mihrab ruangan.

  •  Eksterior kaligrafi

Merupakan bagian dari sebuah arsitektur masjid yang berada di luar ruangan juga sangat layak di hias dengan ornamen dan kaligrafi , seperti menara dan gapura masjid, ataupun dinding masjid dan kubah yang masih tampak jika dilihat dari luar bangunan masjid. Seperti contoh kaligrafi yang ada di dinding halaman masjid agung semarang.

Jenis tulisan khat yang lazim di terapkan di dalam masjid

Seperti yang sudah diketahui bahwa jenis kaligrafi atau istilah bahasa arab di sebut dengan khat mempunyai tujuh gaya yang masyhur di kalangan para kaligrafer.

Akan tetapi tidak semua jenis khat cocok di gunakan pada arsitektur masjid karena sebagian dari tujuh jenis khat itu tidak semuanya mempunyai karakter dekoratif. Dalam hal ini hanya ada dua jenis khat yang sangat cocok untuk kebutuhan dekorasi masjid.

Apa saja dua jenis khat tersebut..???

  1. Khat tsulus
  2. Khat kufi

Kedua jenis khat tersebut mempunyai karakter yang gagah dan berwibawa ketika ditulis dengan ukuran besar. Namun bukan berarti khat yang lain tidak pantas di gunakan untuk hiasan masjid.

9 media pembuatan kaligrafi dan ornamen pada arsitektur masjid

Berikut penjelasannya :

1.Kaca

Kaca termasuk salah satu elemen penting yang ada pada bangunan masjid. Biasanya kaca di pasang pada jendela dan pintu sesuai dengan gambar desain masjidnya. Fungsi dari kaca adalah untuk menciptakan efek cahaya yang masuk ke dalam ruangan supaya terlihat terang.

Kaca jendela maupun kaca pintu masjid versi dulu biasanya polosan namun sejak ada jasa kaca painting, jasa kaca grafir, jasa kaca patri maka sekarang jendela dan pintu masjid sudah banyak menggunakan kaca jenis tersebut yang di ukir dengan kaligrafi dan beberapa variasi ornamen.

Namun jika kaca sudah terlajur terpasang di masjid dengan keadaan polos maka untuk membuat kaligrafi dan motifnya bisa dengan menggunakan bahan stiker sunblast dengan teknik cutting.

2.Pintu

Elemen arsitektur masjid yang berupa pintu juga tidak kalah pentingnya dengan elemen – elemen yang lain. Pintu yang terpasang di masjid jenisnya pasti berbeda – beda, ada yang menggunakan pintu dari bahan kayu, ada juga yang menggunakan pintu jenis aluminium dan kaca, tergantung selera dari pihak panitia masjid.

Pintu masjid yang biasanya di ukir dengan ornamen dan kaligrafi adalah pintu yang terbuat dari kayu. Untuk jenis motifnya kebanyakan meniru motif pintu masjid nabawi, walaupun sebagian juga ada yang menggunakan motif geometri dan motif ukir krawangan.

Masjid yang menggunakan pintu berbahan kayu biasanya terdapat di masjid mewah yang ada di daerah atau perkampungan yang mayoritasnya masyarakat awam. Beda halnya dengan masjid di kalangan instansi pemerintah maupun instansi swasta yang biasanya menggunakan pintu dari bahan aluminium dan kaca.

3.Mimbar

Mimbar atau podium juga bagian dari elemen yang tidak bisa terpisahkan dari masjid. Fungsi utama mimbar adalah untuk tempat di mana seorang imam melaksanakan khutbah jumat. Mimbar yang terletak di dalam ruang pengimaman itu biasanya terbuat dari bahan kayu jati yang di ukir dan biasanya ada bagian yang di kasih tulisan kaligrafi di dalamnya.

Namun pembuatan kaligrafi mimbar masjid biasanya menggunakan tulisan yang simple, minimalis dan sederhana seperti tulisan Allah, atau lafadz Allahu akbar, atau tulisan bismillah dsb. namun ada juga sebagian yang menggunakan tulisan agak Panjang seperti dua kalimat syahadat.

Pengrajin mimbar masjid dengan bahan kayu jati terbanyak adalah dari kota jepara karna memang kota tersebut di kenal sebagai kota ukir. Pada umumnya mimbar ukir kayu dari jepara mempunyai khas tersendiri di bandingkan dari daerah lain. Khas tersebut bisa di lihat dari gaya ukirannya, seperti contoh ukiran gebyok yang tidak di miliki oleh daerah lain.

4. Dinding

Dinding atau tembok merupakan bagian dari fisik utama yang tidak mungkin jika bangunan masjid tanpa adanya sebuah dinding. Fungsi dinding adalah untuk membagi ruangan menjadi beberapa bagian, baik itu ruangan dalam maupun luar. Di sisi lain dinding juga berfungsi sebagai pelindung dari cuaca.

Dinding biasanya di gunakan sebagai media utama dalam membuat kaligrafi untuk hiasan masjid maupun mushola. Dinding biasanya mempunyai ukuran panjang sesuai ukuran bangunan masjid sehingga bisa di jadikan media kaligrafi dengan bentuk memanjang sesuai dengan panjang ayat yang di inginkan.

Bahan untuk membuat kaligrafi dinding masjid tentu menyesuaikan keinginan dari pihak panitia pembangunan, karena banyak sekali jenis bahan yang bisa di gunakan. Contoh bahan pembuatan kaligrafi pada dinding masjid bisa dengan cat dan bahan timbul seperti grc, acrilik, stainless, kuningan, spon, mdf dsb. atau juga bisa menggunakan bahan jenis wallpaper yang juga bisa di buat kaligrafi untuk dinding ruangan masjid.

kaligrafi dinding masjid terindah

5. Kubah

Kubah adalah salah satu bagian terpenting yang menjadi sebuah identitas arsitektur masjid. Rata-rata bangunan masjid sekarang hampir semuanya menggunakan kubah. Keberadaan kubah di masjid laksana mahkota yang seharusnya di tampilkan dalam kemewahannya.

Kubah merupakan media yang perlu di dahulukan dalam pembuatan kaligrafi pada interior masjid sebelum beranjak pada media dinding. Karena kubah berada di dalam jangkauan yang lebih sulit dan lebih tinggi dari pada dindingnya.

Proses pengerjaan kaligrafi kubah masjid juga jauh lebih sulit di bandingkan dengan media selain kubah. Ini di karenakan medianya yang berbentuk lengkung dan membulat. Sehingga membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam mengerjakannya.

6. Mihrab

Tempat imam masjid yang juga di sebut dengan imaman atau pengimaman sangat popular di kalangan masyarakat awam dengan sebutan mihrab. Dan salah satu fungsi bangunan mihrab adalah untuk menaruh mimbar. Mihrab menjadi salah satu bagian utama pada bangunan masjid yang harus di desain sebagus mungkin.

Desain arsitektur masjid yang berupa mihrab secara umum cenderung cekung ke dalam dengan bentuk atas yang melengkung membentuk sebuah ruangan khusus yang berada di ruangan depan. Lalu oleh para arsitek masjid desain tersebut di kembangkan lagi dengan beberapa variasi seperti penambahan ornamen dan juga kaligrafi.

Penambahan motif dan kaligrafi mihrab masjid yang trend sekarang ini adalah ornamen grc krawangan, ornamen grc masifan, dan juga kaligrafi grc yang pembutannya menggunakan teknik cetak. Selain menggunakan bahan grc juga bisa mengunakan bahan seperti ACP, MDF, spon dan cat.

kaligrafi masjid timbul

7. Tiang

Masjid yang memiliki elemen berupa tiang atau pilar tentunya identik dengan masjid yang mewah dan elegan. Arsitektur masjid dengan desain yang menggunakan pilar-pilar memiliki struktur yang lebih kokoh.

Tiang atau pilar masjid secara fisik memiliki fungsi utama yang memberikan kekuatan dalam menyangga bangunan. Pilar ini bisa berbentuk bulat memanjang dan bisa juga persegi panjang tergantung konsep gambar rancangan awalnya. Jika bentuknya membulat maka dalam memberikan hiasan pada pilar tersebut yakni dengan melukis motif natural seperti motif marmer, granit dsb.

Pada sebagian masjid juga ada yang menggunakan motif ornamen geometri pada pilar yang berbentuk lingkar memanjang, dan itu bisa menggunakan bahan grc timbul maupun lukis manual. Untuk pembuatan kaligrafi tiang masjid masih jarang di temui walaupun sebenarnya sudah ada.

8. Papan nama

Papan nama masjid sangat di perlukan di area masjid, karena papan nama menjadi bagian dari identitas sebuah masjid agar masyarakat mengetahui nama masjid tersebut. Biasanya papan nama diletakkan di halaman masjid paling depan dekat dengan pagar masjid. Sebagian juga ada yang di buat pada listplang depan masjid.

Pembuatan papan nama masjid biasanya menggunakan tulisan kaligrafi arab yang juga terkadang di kombinasi dengan aksara nasional agar memudahkan masyarakat awam dalam membaca.

Bahan yang digunakan untuk media kaligrafi papan nama masjid kebanyakan menggunakan bahan semen pasir yang rancang dan di bentuk persegi dengan variasi lis profil di tepinya. Namun sebagian masjid yang di bangun sederhana biasanya masih menggunakan media plat galvalume dan sejenisnya.

 

papan-nama-masjid-timbul

9. Gapura

Gapura masjid merupakan bangunan pembatas lahan masjid yang biasanya di sambungkan dengan pagarnya. Gapura di fungsikan sebagai gerbang atau pintu utama menuju masjid dan letaknya biasanya di tengah – tengah lurus dengan pintu masuk masjid.

Di sebagian arsitektur masjid yang terbilang mewah, gerbang menjadi salah satu icon utama yang ikut menopang keindahan bangunan masjid secara keseluruhan. Maka gapura di bangun dengan arsitektur islam yang di lengkapi dengan berbagai ornamen yang sangat mendukung kemewahannya.

Gapura yang di bangun di halaman depan masjid biasanya di pasang tulisan kaligrafi sebagai penanda bahwa gapura yang di bangun itu adalah milik masjid. Karena kita tau bahwa jenis gapura sangat banyak sekali. Hampir berbagai bangunan-bangunan besar menggunakan gapura.

kaligrafi-gapura-masjid

Ayat yang cocok untuk penulisan kaligrafi masjid dan mushola

Penulisan ayat alquran yang di rekomendasikan oleh para ahli kaligrafi harus menggunakan ayat yang mempunyai kandungan makna yang singkron dengan fungsi masjid yaitu tentang ibadah di dalamnya. ayat paling tepat di gunakan yaitu ayat tentang sholat.

Pemilihan ayat kaligrafi masjid yang bisa di gunakan di antaranya adalah : suroh jumuah ayat 9, suroh toha ayat 14, suroh ibrohim ayat 40-41, suroh at taubah ayat 18, suroh al mukminun ayat 1-4, suroh annur ayat 35, suroh al isro’ ayat 78, suroh al an’am ayat 162-163, dan masih banyak lagi ayat sejenis yang lainnya.

Namun perlu anda ketahui bahwasanya penulisan kaligrafi untuk masjid tidak serta merta hanya menggunakan ayat Al-quran saja namun bisa dengan yang lain misalnya hadits yang berkaitan dengan dzikrullah maupun tentang ibadah-ibadah yang masih berhubungan dengan masjid. Namun yang intinya tetap menggunakan ayat Al-quran.

Berbagai macam ayat yang bagus untuk di tulis pada media dinding, kubah maupun mihrab tentunya menyesuaikan ruangan yang ada. Karena setiap ruangan pasti memiliki ukuran yang berbeda-beda. Ada ruangan yang berukuran panjang dan juga ada yang pendek. Maka pilihlah ayat yang sesuai agar komposisi tulisan sesuai dengan porsinya.

Penulisan kaligrafi selain dari ayat suci alquran

Selain menggunakan tulisan ayat alquran yang di aplikasikan ke dalam masjid maka pilihan yang tepat adalah tulisan kaligrafi doa masuk masjid yang penempatannya biasanya di atas pintu masuk ke dalam masjid. Untuk memberikan keseimbangan pada tulisan doa masuk masjid, maka di atas pintu keluar juga harus ada tulisan kaligrafi doa keluar masjid dengan konsep yang sama.

Paling tidak di dalam ruangan masjid harus ada tulisan arab yang terpasang karena hal tersebut merupakan sebuah lambang tempat ibadah bagi orang islam. Seperti pada tulisan kaligrafi dengan konsep sederhana yang pernah kami kerjakan. Kesederhanaan kaligrafi yang di tulis di dalam masjid minimal ada tulisan Allah Muhammad atau dua kalimat syahadat. Seperti contoh kaligrafi lafadz allah di beberapa masjid yang pernah kami kerjakan.

Selain itu pembuatan kaligrafi pada ruangan masjid juga bisa di awali dengan tulisan asmaul husna yang menjadi pelengkap ismul a’dzom sebelum menggunakan tulisan dari ayat al-quran. contoh kaligrafi asmaul husna di masjid-masjid yang seringkali kami kerjakan biasanya terletak pada media yang paling tinggi yakni pada media plafon kubah.


Anda minat dengan jasa kaligrafi ..???

Silahkan hubungi penyedia jasa layanan kaligrafi terbaik dan terpercaya – Ghaza Art Professional Calligraphy

Untuk info selengkapnya bisa hubungi kami :

Telp/Wa : 081228173860  (Seni Hamzah)

email: artghaza@gmail.com

Facebook: jasa kaligrafi masjid terbaik dan terpercaya

Instagram: jasa kaligrafi masjid terbaik

Twitter: kaligrafi profesional

Demikian artikel yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan jika anda suka silahkan bagikan artikel ini di media sosial anda.

Terima kasih dan salam sukses.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!