Ghaza Art Professional Calligraphy
0812.2817.3860
artghaza@gmail.com

Kaligrafi Kubah Masjid Interior – Exterior Terbaru

kaligrafi kubah masjid annahl bekasi jawa barat.

Kaligrafi kubah berfungsi sebagai hiasan pada bangunan masjid

Kaligrafi kubahmerupakan seni kreatif melukis kaligrafi yang di barengi dengan keahlian khusus yang membidangi penataan interior, khususnya pada media plafon atap kubah masjid atau mushola yang biasanya dalam keadaan polosan tanpa ada motif apapun di dalamnya.

Dalam hal ini sebagian orang menyebutnya dengan sebutan kaligrafi plafon kubah.

Kaligrafi pada media kubah sudah ada sejak zaman dulu yang merupakan warisan seni dan budaya islam turun temurun. Namun baru berkembang di Indonesia di perkirakan mulai tahun 70 an hingga sekarang.

Tahun demi tahun jumlah pemesanan kaligrafi kubah masjid atau mushola di prediksi semakin meningkat drastis, karena faktor banyaknya jumlah pembangunan masjid yang ada di Indonesia ini membuat para pakar ahli kaligrafi ikut serta dalam menampilkan desain dan tulisan kaligrafi beserta ornamennya yang unik nan cantik.

Pastinya akan di buru oleh para konsumen khususnya dari kalangan para pihak pengelola masjid atau musholla.

Pembuatan kaligrafi masjid yang terletak pada plafon kubah biasanya di iringi dengan beberapa motif sebagai pendukung utama untuk menambah indahnya karya secara keseluruhan.

Maka dari itu sebuah motif yang berupa ornamen merupakan peranan penting yang tidak bisa di pisahkan dari karya seni kaligrafi masjid yang meliputi media kubah maupun dinding masjid.

Dengan banyaknya karya seni dekorasi kubah yang tersebar di berbagai masjid juga karena di dukung dengan banyaknya permintaan dari para konsumen kepada para penyedia layanan jasa pembuatan kaligrafi masjid di berbagai wilayah.

Apa itu kubah….???

Kubah menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah atap yang melengkung dan berbentuk setengah bola. Namun ada juga kubah bawang karna bentuk fisiknya yang mirip dengan bawang.

Bentuk dan gaya kubah mempunyai banyak fariasi ketika islam sudah menyebar dan berinteraksi dengan sebuah budaya dan peradaban lain.

Maka para arsitek muslim pun tidak ragu – ragu dalam mengambil pilihan bentuk kubah yang sudah ada lalu mengembangkannya.

Mulai abad ke tujuh hingga sekarang bangunan masjid hampir keseluruhan menggunakan kubah sebagai elemen wajib. Walaupun konon di Yakini bahwa kubah bukan berasal dari budaya islam.

Sebagian sejarah mengatakan bahwa asal usul kubah pertama kali di temukan oleh bangsa romawi pada tahun 100 masehi.

Dan salah satu buktinya adalah pembuatan kubah beton pada bangunan pantheon yang merupakan kuil pemujaan dewa romawi yang di bangun oleh raja hadria pada tahun 118 masehi ada juga sebagian yang berpendapat pada tahun 126 masehi.

Di indonesia sendiri baru mengenal istilah plafon atap kubah pada akhir abad ke – 19 dan baru di realisasikan pada pertengahan abad ke -20 Masehi.

Namun lihatlah perkembangan di indonesia sekarang, tidak hanya masjid berkubah saja, bahkan Indonesia sendiri mempunyai masjid yang memiliki kubah berlapis emas asli.

kubah terindah

Kubah masjid

Di era sekarang ini kubah adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah bangunan masjid.

Kubah menjadi ciri khas utama yang menunjukkan sebuah identitas tempat ibadah, sehingga memudahkan seseorang untuk menemukan masjid.

Terutama bagi para musafir yang hendak mampir untuk melaksanakan sholat. Maka kubah perlu di bangun seindah dan semewah mungkin.

Dan salah satu yang menjadikan bangunan kubah menjadi indah dan megah adalah dengan menambahkan ornamen dan kaligrafi di dalamnya.

Sehingga dengan penambahan ornamen dan kaligrafi pada bangunan kubah akan menjadi lebih artistik dan bernuansa islami, serta menambah kenyamanan dalam beribadah di dalam masjid.

Kaligrafi kubah interior

Sebagian orang menyebutnya dengan sebutan kaligrafi kubah dalam, karena memang letaknya ada pada atap kubah bagian dalam atau biasa di sebut plafon kubah.

Kaligrafi kubah interior ini fungsinya sebagai hiasan utama pada ruangan masjid sehingga jika seseorang masuk ke dalam masjid dan mendongak ke atas maka akan terlihat kemegahannya.

Dan uniknya motif kaligrafi kubah interior masjid yang biasa kami kerjakan pasti mempunyai gaya yang berbeda-beda.

Karna itulah nilai seninya akan nampak berfariasi serta tidak monoton dan tentunya juga bisa menjadi sebuah pilihan bagi para konsumen yang membutuhkan jasa kami.

Kaligrafi kubah exterior

Bentuk hiasan dan motif kubah luar biasanya tergantung dari bahan kubahnya, jika kubah terbuat dari bahan enamel maka yang sering adalah menggunakan motif garis kotak-kotak.

Namun jika kubah terbuat dari bahan grc biasanya motif apapun bisa masuk ke dalamnya, termasuk motif ornamen, batik, ukir dsb.

Untuk kaligrafi kubah luar sebenarnya masih jarang sekali di temui, namun kami pernah membuatnya pada media leheran kubah dengan bahan timbul grc board.

Lihat detailnya pada gambar kaligrafi masjid al-kautsar tanjab timur jambi di bawah ini.

kaligrafi kubah luar

4 jenis motif kaligrafi kubah dengan harga yang berbeda – beda

Dalam menentukan sebuah harga kaligrafi kubah masjid tentunya di lihat dari segi pemilihan jenis motifnya.

Sebelum pekerjaan kaligrafi di mulai tentunya kita sudah memberikan penawaran dengan beberapa gambar kaligrafi kubah masjid agar pihak konsumen bisa memilih gambar yang mereka sukai untuk di jadikan sebuah acuhan.

Motif-motif yang di gunakan dalam pembuatan kaligrafi kubah tentu berbeda – beda, dan itu sangat berpengaruh terhadap harga yang di dapatkan.

Perbedaan motif lokal yang harganya lebih murah di bandingkan dengan motif luar negeri seperti motif iran, motif turki, motif timur tengah yang pasti harganya sedikit lebih mahal.

Dari jenis motif kubah masing – masing mempunyai estimasi waktu pengerjaan yang tidak sama.

Maka dari itu harga kaligrafi kubah kami sesuaikan dengan motif dan gambar kaligrafi kubah yang menjadi pilihan konsumen.

Sebagai pilihan bagi pengguna jasa kaligrafi, maka kami akan jelaskan tentang 4 jenis motif kaligrafi kubah masjid dengan harga yang berbeda – beda.

Apa saja kira – kira ya…???

Silahkan baca artikel kami sampai tuntas, agar tidak salah faham.

1.Motif full asmaul husna

kaligrafi kubah masjid

Motif kaligrafi asmaul husna pada sebuah media kubah merupakan suatu motif yang di rancang dengan beberapa hiasan dan ornamen yang di dalam desain itu mempunyai ruang untuk penulisan asmaul husna secara utuh dengan beberapa fariasi dan nuansa warna yang selaras.

Motif kaligrafi kubah asmaul husna ini bisa di bilang motif paling rumit dan paling lama pengerjaannya di banding motif yang lain.

Selain tulisan kaligrafi asmaul husna yang sudah menjadi ciri khas pada motif jenis ini yang juga kami kombinasikan dengan kaligrafi ayat alquran yang kami desain di lingkaran tengah kubah agar menambah keindahan pada plafon kubah masjid.

Biasanya kami menambahkan kombinasi tersebut dengan kaligrafi suroh al-fatihah atau suroh lainnya sesuai dengan permintaan konsumen.

Secara umum dalam mengerjakan motif full asmaul husna ini memerlukan media plafon kubah dengan ukuran minimal 6 meter, kalau di bawah 6 meter alangkah baiknya menggunakan motif ornamen kaligrafi saja.

Karna motif full asmaul husna yang kami tulis jumlahnya lengkap dan butuh media yang lebar supaya tetap terlihat dan terbaca dengan jelas ketika di lihat dari lantai paling bawah.

2.Motif ornamen dan kaligrafi

jasa kaligrafi ornamen kubah

Yang kami maksud dengan motif ornamen kaligrafi adalah sebuah perpaduan antara tulisan kaligrafi melingkar pada as kubah dengan motif ornamen sebagai icon utama.

Karena jikalau di timbang antara ornamen dan tulisan kaligrafinya maka desain ornamennya yang lebih menonjol secara keseluruhan.

Motif ornamen ini kebanyakan di terapkan pada media plafon kubah berukuran sedang hingga paling kecil, mulai dari diameter 7 meter hingga yang berukuran 2 meter.

Karna pada dasarnya semua motif itu mempunyai porsi tersendiri yang menyesuaikan pada ukuran bidang untuk menjaga keindahan karya yang lebih utuh.

Ornamen yang kami gunakan di dalam jenis ini biasanya mengandung unsur garis-garis yang saling memadu dan di lengkapi dengan motif batik sehingga saling mendukung dan menyempurnakan antara satu motif dengan motif yang lain.

3.Motif kaligrafi lukis awan

kaligrafi kubah dan motif lukis awan

Motif kaligrafi lukis awan yang di terapkan pada media plafon kubah merupakan suatu motif lukisan naturalisme alam yang berbentuk awan mendung yang di padukan dengan tulisan kaligrafi dan ornamen.

Sehingga karya ini terlihat nuansa alaminya yang juga mengandung unsur nuansa islamnya, karena di dukung dengan beberapa ornamen dan kaligrafi di dalamnya.

Di dalam pembuatan motif kaligrafi dan lukis awan ini memerlukan dua keterampilan berbeda yang harus di kuasai yakni menulis dan melukis dengan sempurna supaya menghasilkan karya yang indah.

Namun jikalau hanya menguasai satu keterampilan saja maka hasil karyanya akan terlihat janggal.

Seperti dalam beberapa karya kaligrafi pada atap kubah dengan motif lukis awan yang pernah kami lihat di sebagian masjid mempunyai kekurangan yang terlihat jelas.

Sebagian karya mempunyai kualitas bagus di tulisan kaligrafi dan ornamennya namun kurang bagus di lukisan awannya.

Ada juga yang terlihat bagus di lukisan awannya namun kurang bagus di kaligrafi dan ornamennya.

4.Motif lukis awan polosan

Motif lukis awan polosan

Motif lukis awan polosan pada media plafon kubah tergolong motif yang paling sederhana di antara ke tiga motif sebelumnya, karena tidak menggunakan tulisan kaligrafi sehingga nuansa yang muncul hanya nuansa alam saja.

Biasanya motif ini sangat cocok di aplikasikan pada kubah dengan standar ketinggian dua lantai dengan bentuk kubah yang melebar.

Untuk menambah keindahan pada lukisan motif awan maka bisa di variasi dengan sedikit penambahan ornamen pada as kubah sehingga kesan yang di hasilkan dari penambahan ornamen tersebut akan terlihat sebagai obyek yang mengambang di atas awan.

Pekerjaan motif lukis awan polos tidak perlu melibatkan seorang kaligrafer untuk menanganinya. Cukup seorang pelukis saja sudah bisa mengatasi pekerjaan ini.

Motif dan kaligrafi di masjid sudah sangat populer di kalangan masyarakat awam maupun kalangan desainer masjid di seluruh indonesia bahkan di mancanegarapun mempunyai gaya arsitektur islam yang khas dari masing – masing negara.

Seperti di turki, iran, maroko dan negara – negara islam lainnya menunjukkan pada dunia bahwa mereka mempunyai bangunan masjid termegah dan termewah dengan desain interior yang artistik dan kental dg nuansa islamnya.

Umumnya desain kaligrafi di masjid negara – negara tersebut tidak hanya pada kubahnya saja, namun seluruh dinding dan mihrabnya juga di desain dengan ornamen yang saling mengaitkan antara satu dengan yang lainnya sehingga menampilkan nuansa yang megah karna mengandung unsur hiasan interior yang benar – benar totalitas yang sempurna.

Beda halnya dengan di indonesia yang rata-rata desain kaligrafi dan motifnya hanya sebagian saja. Menurut mereka jika di kasih ornamen full maka terlalu rame dan juga menghabiskan biaya banyak untuk pekerjaan itu.

masjid turki

Jasa pembuatan kaligrafi kubah – Ghaza art professional calligraphy

Di dalam menangani pekerjaan kaligrafi pada plafon kubah masjid maka di perlukan tenaga ahli yang benar-benar menguasai media tersebut, dan itu tidaklah mudah karena media yang harus di kerjakan tergolong media besar dan lebar dengan permukaan yang melengkung.

Maka untuk mengerjakan pekerjaan ini memerlukan skil dan ketrampilan khusus yang benar – benar mumpuni.

Di antara banyaknya para pembuat kaligrafi masjid di tanah air, kami merupakan salah satu penyedia layanan jasa pembuatan kaligrafi interior exterior masjid, mulai dari kubahnya, dinding hingga mihrabnya dengan kualitas karya terbaik dan jumlah terbanyak.

Tak perlu di ragukan lagi bahwasanya pengalaman kami dalam mengerjakan kaligrafi kubah masjid sudah terbukti dengan banyaknya konsumen yang telah menggunakan jasa kami di dalam pembuatan kaligrafi kubah masjid dengan berbagai motif dan desain yang berbeda – beda, baik itu interior maupun exterior.

Pekerjaan kaligrafi pada media plafon kubah tidak bisa di anggap remeh karena ada beberapa kesulitan di dalam mengerjakannnya. Simak penjelasannya di bawah ini :

Kesulitan yang pertama adalah mengukur media plafon kubah agar menghasilkan ukuran yang benar – benar akurat sebelum memulai tahap pengecatan. Karena teori pengukuran yang salah maka akan berakibat fatal.

Kesulitan ke dua yaitu proses membagi pecahan ornamen dalam beberapa bagian yang harus presisi sesuai dengan desain rancangan gambar, sehingga pembagian ornamen yang di hasilkan terlihat sempurna.

Kesulitan ke tiga yaitu mengolah desain dan ornamen pada media kubah besar yaitu mulai diameter 15 ke atas. Karena secara otomatis ornamen dan kaligrafinya juga akan berukuran besar pula.

Kesulitan demi kesulitan dalam pengerjaan kaligrafi media plafon kubah tersebut biasanya sering di alami oleh para pemula atau pemain baru yang jam terbangnya belum begitu banyak.

Beda halnya dengan jasa kaligrafi yang sudah professional yang mampu mengatasi setiap kesulitan yang di alami di dalam mengerjakan kaligrafi kubah masjid.


Anda minat…???

Untuk mendapatkan layanan jasa kaligrafi yang professional silahkan hubungi penyedia layanan Jasa Kaligrafi Masjid Terbaik Dan Terpercaya yang ada di indonesia.

Info selengkapnya bisa hubungi kami :

Telp / Wa: 081228173860 (Hamzah Art)

email: artghaza@gmail.com

Facebook: Jasa kaligrafi masjid terbaik dan terpercaya

Instagram: jasa kaligrafi masjid terbaik

Twitter: Professional calligraphy


Demikianlah penjelasan artikel tentang kaligrafi kubah masjid interior dan exterior yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan jika anda suka silahkan bagikan artikel ini di media sosial anda, terima kasih dan salam sukses buat anda.
Wassalamu alaikum Wr.Wb.

 

2 Responses

  1. sands says:

    wah..tampak interior masjidnya jadi tampak bagus sekali ya…
    semangat pakkk…
    pertahankan kualitasnya

  2. Matur suwun pak sandi,mudah2an kami sll mmberikan kwalitas terbaik buat semua konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!