Ghaza Art Professional Calligraphy
0812.2817.3860
artghaza@gmail.com

Kaligrafi Mihrab Pengimaman Masjid

kaligrafi mihrab trend masakini

Indahnya kaligrafi mihrab masjid

Kaligrafi mihrab masjid – dengan gaya modern bertuliskan ayat suci AL – Quran maupun kalimat thoyyibah seperti dua kalimat syahadat, lafadz jalalah dsb yang di sempurnakan dengan beberapa gaya ornamen kaligrafi mihrab sehingga ruangan mihrab terlihat megah dan membuat jamaah terpesona dengan keindahannya.

Keindahan mihrab berdasarkan desain arsitektur bangunannya yang artistik serta pernak pernik yang mengandung unsur motif dan juga kaligrafi yang mengandung corak dan warna yang khas di dalamnya. Dalam hal ini sebagian arsitek menggunakan mozaik untuk membuat hiasan mihrabnya.

Seni arsitektur islam yang berupa mihrab masjid sudah ada sejak zaman dulu, namun seiring berkembangnya zaman banyak sekali para arsitek yang mengembangkan desain bangunan tempat imam menjadi super indah.

Untuk menciptakan sebuah inovasi baru dalam menghias mihrab memerlukan banyak koleksi gambar kaligrafi mihrab masjid dan juga koleksi gambar mihrab masjid untuk mengembangkan bentuk dan gaya bangunan mihrabnya sehingga muncul desain mihrab terbaru yang belum pernah ada sebelumnya.

Pada zaman sekarang ini hampir setiap masjid mempunyai bangunan mihrab dengan desain yang berbeda – beda, dan sebagian besar sudah menggunakan kaligrafi dan hiasan di dalamnya. Seperti halnya kaligrafi pengimaman masjid di jember jawa timur yang telah kami kerjakan.

Pembuatan kaligrafi imaman masjid biasanya mengikuti alur desain bangunannya yang terkadang bentuknya lurus persegi, dan terkadang ada juga yang bentuknya melengkung setengah lingkaran. Tetapi kebanyakan desain mihrab yang ada pasti identik dengan lengkungan.

Tentang mihrab masjid dan fungsinya

Mihrab sendiri merupakan sebuah kata dalam bahasa arab yang mempunyai arti tempat atau ruangan terkemuka, Istilah mihrab yang mudah di fahami adalah ruangan atau tempat di mana seorang imam berdiri untuk memimpin sholat jamaah.

Ukuran ruangan mihrab di buat sesuai dengan ukuran luas bangunan masjidnya, namun yang ideal untuk membuat ukuran mihrab masjid sederhana ialah menggunakan ukuran lebar 2 meter persegi.

Terkadang ada juga mihrab yang mempunyai ukuran 3 meter persegi, dan biasanya ukuran ini di gunakan pada bangunan masjid-masjid besar.

Mengingat bahwa mihrab adalah salah satu bagian terpenting di dalam bangunan arsitektur masjid maka mihrab di bangun lebih menonjol dan lebih tampak berkarakter mandiri dari pada yang lainnya.

Fungsi utama mihrab masjid

Ruang mihrab mempunyai fungsi penting yang tidak bisa terpisahkan dari bangunan arsitektur masjid. Fungsi tersebut antara lain :

– Sebagai ruangan bagi imam masjid memimpin sholat jamaah

– Sebagai tempat untuk menaruh mimbar tempat khutbah

– Sebagai pembeda antara ruangan khusus dengan ruangan umum

Selain itu mihrab juga di fungsikan sebagai tempat penunjuk kiblat, sehingga memudahkan orang terutama bagi musafir yang hendak sholat untuk mengetahui arah kiblatnya tanpa harus bertanya-tanya terlebih dahulu.

Tempat ibadah yang tidak ada bangunan mihrabnya biasanya akan menyulitkan kaum musafirin dalam menentukan arah kiblat ketika hendak sholat, karena harus bertanya-tanya terlebih dahulu. Kejadian seperti ini sering kami alami ketika bepergian jauh ke luar kota dan belum terbiasa di wilayah itu.

Masjid maupun mushola yang arah kiblatnya tidak di tandai dengan bangunan mihrab maka biasanya di beri tanda anak panah yang di kasih tulisan kiblat lalu di tempel di dindingnya, ada juga yang di tempel di sudut plafonnya. Dan itu kurang maksimal dan kurang efektif.

Walaupun sebagian kecil juga ada yang sudah menggunakan mihrab walaupun di bangun dengan bentuk yang simpel namun sudah cukup sebagai penanda arah kiblat.Biasanya bangunan tempat ibadah yang tanpa adanya mihrab adalah mushola umum yang ada di terminal, di restoran, juga di pom bensin dst.

3 Teknik membuat kaligrafi mihrab masjid

Pembuatan kaligrafi mihrab ini secara teori dan prakteknya tidak jauh beda dengan pembuatan kaligrafi ruangan masjid yang antara lain adalah dinding dan kubah.

Teori pengerjaannya selalu menyesuaikan media ruangan, jika medianya melengkung maka kaligrafi dan ornamen yang buat juga bentuknya melengkung dan seterusnya.

Selain itu teknik pembuatan kaligrafi mihrab juga tergantung dari bahan yang di gunakan sesuai dengan permintaan konsumen.

Teknik pembuatan kaligrafi mihrab masjid terbagi menjadi tiga bagian yakni :

1.Teknik Lukis

Cara membuat kaligrafi pada ruang mihrab dengan teknik lukis merupakan cara manual yang ringan dan tidak menghabiskan biaya banyak, yang artinya dalam mengerjakan kaligrafi mihrab ini hanya membutuhkan alat lukis yang berupa kuas, cat dan sejenisnya.

Teori dasar pembuatannya sangatlah mudah yaitu dengan cara membuat mal ornamen dengan kertas lalu di lobangi dan di aplikasikan pada medianya.

Tahap akhir dari cara ini adalah finishing yaitu merapikan hasil pengecatan yang belum rapi dan juga pelapisan coating jika di perlukan.

Praktek pengerjaan teknik lukis ini tidaklah memakan waktu lama dan itupun tergantung ukuran lebar mihrab dan tingkat kerumitan motifnya.

Hanya di butuhkan waktu antara satu hingga dua minggu masa pengerjaan. Jika ingin lebih cepat maka di butuhkan waktu extra ( kerja lembur).

2.Teknik Cutting

Teknik ini adalah teknik pemotongan sebuah elemen yang nantinya di tempelkan pada sebuah media yang ada.

Elemen tsb berdasarkan bahan yang di inginkan, dan biasanya teknik cutting dalam pembuatan kaligrafi dan ornament rata-rata menggunakan bahan timbul seperti spon, mirror, acrilik dsb.

Sebelum proses pemotongan elemen tsb maka langkah pertama adalah membuat mal sesuai dengan gambar yang sudah di rencanakan seperti tulisan kaligrafinya, motif ornamennya dst.

setelah gambar selesai lalu di malkan pada bahan yang akan di gunakan. Setelah itu barulah teknik Cutting bisa di lakukan.

Cara ini lebih ringkas dan simple karena bisa di kerjakan di rumah sambil santai bersama keluarga.

Setelah pemotongan sudah selesai tinggal masang saja. teknik pemasangannya juga ringan, cukup di pasang dengan menggunakan lem yang mempunyai daya rekat yang bagus seperti merk aibon dsb.

3.Teknik Cetak

Untuk membuat kaligrafi mihrab masjid juga bisa dengan cara yang ke dua ini, yakni dengan cara di cetak.

Teknik cetak yang juga merupakan cara manual ini mempunyai teori dua kali kerja yaitu membuat mal awal sebagai alat untuk mencetak dengan hasil yang sama, namun mempunyai dimensi yang berbeda.

Yang kami maksud dalam hal ini adalah berkaitan dengan kaligrafi dan ornamen timbul. Karna cara membuat kaligrafi timbul pada umumnya memang dengan cara di cetak, entah itu dari bahan grc, fiber maupun dari bahan sejenisnya.

Teknik cetak manual ini tergolong teknik paling rumit di antara yang lain dan juga memakan waktu yang lama. Namun juga sebanding dengan wujud karya yang di hasilkan. pembuatannya pun memakan biaya yang cukup fantastis.

Desain kaligrafi mihrab masjid

Bagi para konsumen yang hendak mempercantik mihrab dengan desain ornamen dan kaligrafinya maka di perlukan banyak referensi dan gambar contoh kaligrafi mihrab masjid dari berbagai gaya, Sehingga dalam mengonsep rancangan desain benar – benar matang dan sesuai dengan keinginan.

3 macam contoh desain kaligrafi yang banyak di jumpai di mihrab masjid

– Desain interior

Maksudnya adalah pembuatan motif dan kaligrafi yang di kerjakan di dalam ruang tempat imam dan biasanya di buat secara totalitas tanpa menyisakan ruang kosong di dalamnya.

kaligrafi mihrab dalam ruangan masjid

– Desain exterior

Yakni dalam pembuatan kaligrafi dan motifnya di tempatkan pada ruang mihrab bagian luar. Untuk yang bagian dalam biasanya sudah menggunakan tempelan granit atau marmer.

Pembuatan kaligrafi mihrab dinding bagian luar

– Desain global

Ialah merupakan desain secara totalitas dalam pembuatan kaligrafi mihrab yang meliputi ruangan dalam dan luar sehingga tampak lebih sempurna dan terkesan lebih gagah.

gambar kaligrafi mihrab masjid

Motif kaligrafi mihrab interior dan exterior maupun global ini bisa di buat dengan teknik manual lukis dan juga bisa di buat dengan bahan timbul dengan teknik cetak maupun timbul dengan teknik cutting.


Anda minat .. ???  silahkan hubungi penyedia jasa layanan kaligrafi masjid terbaik.

Untuk info selengkapnya bisa hubungi kami :

Telp / Wa: 081228173860 (Hamzah Art)

email: artghaza@gmail.com

Facebook: Jasa kaligrafi masjid terbaik dan terpercaya

Instagram: jasa kaligrafi masjid terbaik

Twitter: Professional calligraphy

Demikianlah penjelasan artikel tentang kaligrafi mihrab dengan gaya modern yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan jika anda suka silahkan bagikan artikel ini di media sosial anda, terima kasih dan salam sukses buat anda.
Wassalamu alikum Wr.Wb.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!