Desain kaligrafi masjid di surabaya

Desain kaligrafi masjid

Apa itu desain (design)?
Yang di fahami secara umum,desain ialah suatu ide atau gagasan yang di rancang sebelum pembuatan pada suatu objek dengan matang.

Menurut pendapat yang lain mengatakan arti dr sebuah desain ialah proses perencanaan dan perancangan pada suatu objek yang punya tujuan agar objek yang di hasilkan memiliki fungsi dan makna,memiliki unsur keindahan serta berguna bagi manusia.

Kalau menurut etimologis,desain berasal dari suku kata bahasa Inggris, yaitu Design yang mempunyai arti rencana, atau rancangan.
Di dalam pembuatan desain,seorang desainer di tuntut untuk memperhatikan berbagai aspek,seperti nilai estetikanya, fungsinya,tujuan dari pada desain itu sendiri,dan berbagai aspek lainnya yang di peroleh dari brbagai riset dan pemikiran.
Bentuk dari pada Desain itu sendiri beda2 arahnya tergantung keahlian masing2 seniman atau desainer itu sendiri.
Ada Desainer yang sifatnya umum di kalangan masyarakat seperti misalnya desainer batik baju,desainer grafis,desainer bangunan dsb.
Ada juga Desainer yang sifatnya mengarah pada Desain interior yang bernuansa islami seperti contoh “desain kaligrafi” yang rata2 penerapannya di dalam ruangan2 tempat ibadah spt: masjid,musholla,gedung haji dsb.

Desain kaligrafi merupakan Ilmu tentang tata cara merancang suatu gagasan atau ide karya seni kaligrafi ke dalam suatu media yang bertujuan untuk menghias suatu benda atau ruangan hingga muncullah sebuah nilai2 estetika dan nuansa yang berbau islami.
Desain yang berkaitan dg kaligrafi bisa berbentuk bulat,oval,lurus,kotak dsb,atau bisa dg menyesuaikan bidang maupun ruang pada media yang akan di kerjakan. Untuk melengkapi keindahan desain kaligrafi pada sebuah media tentunya harus ada kombinasi hiasan yang biasa di sebut dg ornamen atau motif batik dsb.

Ornamen

Ornamen gradasi

Ornamen atau hiasan merupakan sebuah kombinasi dari pada kaligrafi yang di terapkan pada sebuah media dinding atau plafon kubah masjid,krna ini memang bagian dr seni perpaduan antara kaligrafi dengan hiasannya.

Untuk jenis ornamen sendiri bisa memakai gaya ukir klasik,motif batik khas daerah atau model gaya tadzhib turki,gaya ornamen marocco,ornamen gradasi dsb.

Tujuan dari pada ornamen sendiri adalah untuk menampilkan gaya khas sang seniman,dan tentunya yang paling utama adalah untuk menambah keindahan kaligrafinya,karena sebagian dari ornamen itu sendiri akan berfungsi menjadi sebuah fram yang membalut setiap tulisan ayat2 suci alquran pada sebuah media dinding atau plafon kubah.

Untuk mendukung hasil yang maximal dari pada desain kaligrafi selain ornamen ialah penerapan warna yg seirama dan senada,mulai dari warna blog tulisan,wrna tulisannya hingga warna keseluruhan dr ornamen yang telah di konsep sebelumnya. Jika semua warna sudah terkumpul menjadi satu kesatuan maka tebentuklah sebuah nuansa.
Naah..untuk jenis nuansa yg di hasilkan dari sebuah kreativitas seorang seniman itu beda2,tergantung pada pengolahannya, karena ada nuansa klasik,nuansa sejuk,dan nuansa2 lainnya.

Ornamen kaligrafi plafon kubah

Baca juga: Informasi proyek kaligrafi masjid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *