Kaligrafi punya unsur seni yg bisa di aplikasikan pada media2 tembok,dinding bhkan di plafon kubahpun bisa,masalah hasil tergantung kreasi masing2 sang kaligrafernya

Kaligrafi plafon kubah

Menanggapi sebuah kata mutiara bahwa
“الخط لذة لايعلمها إلا الخطاط” yg artinya bahwasanya kaligrafi itu nikmat dan tidak akan mengetahui nikmatnya khot kecuali kaligrafer itu sendiri.
Nah dari redaksi kata mutiara trsebut bhwasanya yg bisa menikmati nikmatnya kaligrafi hanyalah kalangan kaligrafer sendiri yg memang sudah mengetahui sisi ruhnya shingga melihat huruf2 kaligrafi itu hidup,dr sisi inilah timbul pertanyaan “bagaimana cara merasakan kalau kaligrafi itu nikmat”?
Sebenarnya untuk menjawab pertanyaan tsb tidaklah sulit secara teori,bagi pemula cukup hanya belajar memahami qowaidul huruf dan qowaidut tarkib dg cara belajar dg guru kaligrafi yg sesuai dg rumusan2 yg sudah di gariskan oleh para maestro terdahulu,dg istiqomah belajar dan trs belajar maka perlahan2 rasa nikmatnya kaligrafi akan terasa,dan ini yg di kategorikan kaligrafi murni,namun bagi orang awam kemurnian kaligrafi ini mereka blm mampu untuk merasakan nikmatnya,maka kaligrafi punya unsur lain yaitu unsur seni,klw bicara soal kesenian sdh tidak ada batasan lagi dalam merasakan sebuah kenikmatan,entah itu dr kalangan kaligrafer sendiri ataupun kalangan secara umum semuanya bisa menikmati.
Dalam mengolah kaligrafi menjadi sebuah karya seni bagi kalangan umum itu bisa dg cara masing2 seorang kaligrafer dalam berkreasi,bisa berbentuk lukisan kaligrafi lukis kanvas,kaligrafi relief kayu atau kaligrafi yg berbentuk interior maupun exterior.
Seperti dalam postingan ini termasuk karya seni kaligrafi yg bisa di nikmati secara umum yaitu kaligrafi plafon kubah,dengan media plafon kubah berdimeter kira2 6meter dg kombinasi motif dan kaligrafi suroh alfatihah serta kaligrafi full asmaul husna yg di iringi dg pewarnaan yg sesuai pada media interior menjadikan nuansa ruangan terkesan klasik dan elegan serta punya nilai seni arsitektur islami yg berkaitan dg tempat ibadah.

Plafon kubah yg awal mulanya polos kini menjadi indah dan bernuansakan islami pada ruangan musholla almukhtariyah karang tengah banten.
Oleh:Ghaza art tim professional calligraphy
Proses pengerjaan kaligrafi plafon kubah musholla almukhtariyyah karang tengah banten
Oleh:Ghaza art tim professional calligraphy
Gambar di atas merupakan proses awal hingga mencapai titik kesempurnaan karya kaligrafi plafon kubah sesuai standar umum.
Nampak salah satu tim kami yg sedang finishing akhir dalam menebali goresan kaligrafinya.
NB:Bagi para konsumen yg ingin membutuhkan jasa tenaga ahli kami di bidang projected in calligraphy mosque bisa segera hub kami di no yg sudah tercantum di gambar2 karya2 kami,untuk melihat semua karya2 kami bisa di klik di 👉 Our Portofolio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *